animasi  bergerak gif

Thursday, April 14, 2011

Install JDK (Java Development Kit) di Ubuntu Linux


Install JDK (Java Development Kit) di Ubuntu Linux

JDK…hmm,,apa itu JDK,,kepanjangan dari JDK adalah Java Development Kit..JDK merupakan bundle kit yang harus terinstall kalau Anda akan men-developt aplikasi menggunakan bahasa Java. Anda dapat mendapatkan file JDK terbaru [di sini]. Karena di sini akan dibahas instalasi JDK di Linux,,maka download dulu JDK yang untuk Linux (download yang *.bin) ;-)

Yup,,langsung saja ke instalasi JDK..Di sini akan saya bahas instalasi JDK di Ubuntu Linux..Berikut langkah-langkahnya :

  1. Setelah download file JDK untuk Linux,, letakkan file tersebut di sebuah directory.. Di sini saya letakkan di /home/ardhi/Program_Files/Java..
  2. Buka terminal (Application – Accessories – Terminal),,masuk sebagai root.. Kemudian masuk ke directory dimana file JDK berada,,di sini lokasinya adalah /home/ardhi/Program_Files/Java..
  3. Ketikkan ./jdk-6u16-linux-i586.bin.. Klo pada langkah ini ga bisa,,coba Anda ubah dulu permition-nya dengan cara ketikkan chmod 777 [nama_file_JDK].. Kemudian coba lagi perintah ./jdk-6u16-linux-i586.bin..
  4. Setelah itu akan muncul seperti EULA,,tekan spasi sampai EULA habis,,kemudian ketikkan yes dan tekan enter.. Tunggu proses intalasi hingga selesai :-)
  5. Setelah proses instalasi selesai,,sekarang coba buka terminal baru,, ketikkan javac,,kemudian ketikkan juga java.. (Lho?!Koq ga bisa,,Hehehe,,iya,,emang belum bisa,,kita musti setting PATH terlebih dahulu..)
  6. Buka file /etc/profile dan /etc/bash.bashrc, kemudian tambahkan script :
view sourceprint?

1.JAVA_HOME=/home/ardhi/Program_Files/Java/jdk1.6.0_16
2.export JAVA_HOME
3.PATH=$JAVA_HOME/bin:$PATH
4.export PATH


 Sesuaikan dengan tempat dimana Anda meng-install JDK tadi..
Sekarang coba lagi langkah nomor 5.. Jika muncul tata cara penggunaan script javac dan java,,maka instalasi JDK Anda berhasil,, jika tidak coba ulangi lagi langkah-langkah mulai dari nomor 1,,uninstall terlebih dahulu tentunya JDK Anda yang lama :-)

    0 komentar:

    Post a Comment